Tentang flores.

Mendengar kata flores, mungkin  yang muncul dibenak anda adalah nama nama populer tempat wisata  yang ada di flores, seperti danau kelimutu, kampung  adat Wae Rebo dan binatang komodo.  Ya itu memang benar atas apa yang ada dalam pikiran anda, tetapi flores sangat lengkap baik flora dan faunanya. Siapapun yang pernah berkunjung ke flores pasti akan  kagum dengan keindahan alamnya. Di flores itu semuanya lengkap, baik dari wisata pantai, wisata bawah laut, wisata berpetualang, dan wisata budaya. Memang unik yah…

Sekedar untuk sebagai bahan referensi anda berpetualang ke flores, maka anda harus mempelajari seluk beluk tentang flores terutama objek wisata yang anda akan kunjungi. Mungkin yang pertama yang perlu tau adalah letak geografis dan sejarahnya. Menurut literature, kata flores itu adalah sebuah kata dari bahasa portugis yaitu CABO DE FLORES yang berarti pulau bunga – tanjung bunga.  Dinamai pulau  bunga karena pulau ini memiliki ekosistem yang komplit dan indah dan juga masyarakatnya hidup berdampinagn dengan damai. Secara administrative,  Pulau flores berada dalam wilayah administrative pemerintahan NUSA TENGGARA TIMUR atau NTT, dan  flores menjadi bagian  gugusan kepulauan sunda kecil yaitu bersama Bali dan NTB , yang berluas 13,540 km2, populasi 1.831.000 (thn 2010), termasuk suku/ etnis Melayu dan Melanesia dan terdiri dari 8 kabupaten.

Kekayaan wisata bahari,  dan  wisata alam, wisata budaya.

Wisata bahari diflores memang tidask ada duanya. Beberapa pantai eksotis dan pemandangan bawah laut di flores begitu menggoda para pelancong baik yang penyuka snorkeling maupun  penyelam. Wisata bahari itu diantaranya wisata pantai koka di maumere, wisata bahari taman nasional Riung kabupaten Ngada, wisata bahari taman nasional komodo. Untuk wisata bahari yang paling digemari oleh wisatan adalah berlibur ke taman nasioanal komodo. Taman nasional komodo sebagi leading sector pariwisata di flores dan NTT, yang memiliki wisata bahari yang menawan ; seperti pulau kelor, pulau manjarite, pulau rinca, pulau kalong, pulau padar, pulau komodo, pantai merah/pantai pink, pulau taka makasar, pualu gili lawa, pulau kanawa dan pulau bidadari.

 Kemudian wisata alam dan budaya yaitu, wisata gunung danau kelimutu, wisata budaya kampung Bena, wisata alam soa dengan air panasnya, wisata arkeologi sejarah manusia manggarai/flores hobbit di Liang Bua, wisata budaya dan petualang di kampung Wae Rebo, wisata alam sawah unik sawah berbentuk lingkaran seperti jaring laba laba di Kabupaten Manggarai di kampung cara dan kampung Mbohang dan kampung Rejeng.

 Kemudian wisata atraksi budaya, seperti tari caci.  Tari caci atau tari perang, dimana tarian ini hanya dilakukan oleh kaum laki laki di manggarai. Namun perang disini menggunakan properti seperti  LARIK ( BAHASA LOKAL) ATAU cambuk dan NGGILING (BAHASA LOKAL) ATAU tameng, sebuah properti terbuat dari kulit kerbau dibuat berbentuk bulatan dipakai sebagai tameng untuk menahan cambukan lawan, dan koret ( BAHASA LOKAL), atau sebuah property berbentuk stik panjang terbuat dari bahan kayu rotan untuk menangkis cambukan musuh. Tarian caci bukanlah tarian permusuhan tetapi tarian untuk menjalin persahabatan yang erat antar keluarga atau taria ini juga sebagai ungkapan rasa syukur atas segala pencapaian dalam kehidupan manusia atas apa yang diberikan oleh yang maha kuasa. Masih banyak lagi atraksi budaya yang anda dapat lihat diflores.

Bahasa.

Bahasa yang dipakai diflores dalam hal ini bahasa daerah itu berbeda dari kabupaten satu dengan kabupaten lainnya. Tidak seperti tempat lain. Bahasa yang ada diflores memiliki  banyak bahasa atau multi bahasa. Artinya dari setiap kabupaten diflores memiliki bahasa daerah masing masing. Dan tentunya bahasa nasional dipakai ketika berinteraksi atau bertemu dengan orang lain dari kabupaten lain. Unik yahhhh..

Kota kota yang ada diflores.

Kota kota yang ada diflores terdiri dari 8 kabupaten, dengan cuaca yang berbeda.

Manggarai barat, dengan ibu kotanya adalah Labuan Bajo. Kota ini berhawa panas dan sebagai pintu masuk ke taman nasional komodo.

MANGGARAI TENGAH, dengan beribu kota MANGGARAI. Kota ini biasa dijuluki kota berhawa Eropa. Karna hawa atau cuacanya sangat dingin. Dan manggarai memiliki wisata unik seperti wisata ke kampung adat WAE REBO.

MANGGARAI TIMUR. Manggarai Timur yang beribukota  BORONG. Hawa kota ini berhawa panas. Spot wisata yang dapat dilihat disini adalah DANAU RANAMESE.

NGADA. Ngada yang beribu kota  BAJAWA, adalah salah sstu kota di flores  yang berhawa dingin. Spot wisata yang dapat dilihat didisisni adalah KAMPUNG BENA, AIR PANAS SOA.

NAGEKEO. NAGEKEO yang beribukota MBAY. Kota yang berhawa panas.

ENDE. ENDE yang beribukota ENDE. Kota yang berhawa panas. Tempat wisata yang dapat dikunjungi adalah, pantai biru, museum BUNG KARNO, kampung wolo Gai, dan DANAU KELIMUTU.

SIKKA. SIKKA yang beribukota MAUMERE. Salah satu kota yang berhawa panas. Tempat wisata yang dapat dikunjungi adalahh, pantai koka, kampung nelayan Nanga Hale, ikat tenun, pulau Nanga Batan dan Gunung Egon.

FLORES TIMUR. FLORES TIMUR yang beribukota LARANTUKA. Kota yang berhawa panas. Larantuka dikenal dengan wisata religi, SAMANA SANTA. Biasanya ritual ini ketika perayaan paskah, antara bulan maret.

Demikian sekilas tentang flores, mari berlibur bersama kami.

www.labuantours.com

www.exotickomodotours.com

 www.starkomodotours.com

 

 

 

DESTINASI WISATA POPULER
KOMODO DAN FLORES